Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan untuk mencapai tujuan yang sangat penting dalam menyediakan dan meningkatkan sumberdaya manusia calon tenaga pendidik pada bidang studi Bahasa Arab di Indonesia. Masih terbukanya tantangan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ikut berkontribusi dalam pembangunan sumberdaya manusia yang dilaksanakan pemerintah Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki tujuan: Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Arab yang beriman dan berakhlak mulia serta mampu mendeskripsikan pengetahuan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari; Menghasilkan produk-produk penelitian yang menunjang pengembangan ilmu bahasa Arab; Menghasilkan produk-produk penelitian yang menunjang pengembangan pembelajaran bahasa Arab, baik di madrasah maupun sekolah agar memiliki kualitas yang lebih baik; Menyelenggarakan diskusi dari hasil kajian bidang pendidikan bahasa Arab melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya guru bahasa Arab dalam bentuk studium generale, workshop, atau seminar; Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan hasil kajian bidang pendidikan bahasa Arab melalui publikasi baik melalui jurnal ataupun prosiding melalui seminar, konferensi nasional, dan internasional bereputasi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berbeda dengan program studi-program studi lain yang ada di Indonesia. Kekhasan yang dimiliki dapat terlihat dari wawasan para lulusan yang mampu memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mengintegrasikan nilai-nilai keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dapat menempati berbagi profesi, diantaranya: Calon Pendidik/Pengajar Bidang Bahasa Arab pada tingkat MI, MTs, dan MA; Peneliti Bidang Pendidikan Bahasa Arab; Pengelola Lembaga Pendidikan; Wirausahawan bidang pendidikan/Bahasa Arab.
Pengembangan kurikulum 2020 atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini dikembangkan berdasarkan hasil evaluasi kurikulum dan tracer studi yang dilakukan pada tahun 2019-2020. Evaluasi terhadap kurikulum yang berlaku sebelumnya dijadikan sebagai dasar pengembangan kurikulum 2020 MBKM. Rekomendasi perubahan kurikulum meliputi: penyesuaian dengan tantangan global dan era industri 4.0, pengembangan teknologi digital; meningkatkan link and match antara lulusan pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri serta masa depan yang semakin cepat; penyesuaian dengan regulasi kementerian /pemerintah yang sedang berlaku yaitu penyesuaian kurikulum dan meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan SN-Dikti dan mendukung program MBKM. Perubahan meliputi: proses perkuliahan, struktur kurikulum, nama mata kuliah, jumlah sks, dan tempat pelaksanaan proses pembelajaran.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab telah mengalami beberapa kali perubahan. Proses perubahan kurikulum mengikuti perkembangan yang terjadi secara lokal, regional, dan global. Perubahan dalam kurikulum ditujukan pada kesiapan para lulusan untuk memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad ke- 21.
Proses penyusunan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab 2020 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dimulai dengan: menetapkan profil lulusan yang dijabarkan menjadi rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Rumusan kemampuan pada deskriptor KKNI dinyatakan dengan istilah capaian pembelajaran (terjemahan dari learning outcomes), dimana kompetensi tercakup di dalamnya atau merupakan bagian dari capaian pembelajaran (CP). Penggunaan istilah kompetensi yang digunakan dalam pendidikan tinggi (DIKTI) ditemukan pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang SN-DIKTI pasal 5, ayat (1), yang menyatakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Dimana deskripsi capaian pembelajaran dalam KKNI, mengandung empat unsur: sikap dan tata nilai, kemampuan kerja, penguasaan keilmuan, dan kewenangan dan tanggung jawab. Pada SN-Dikti rumusan CPL mencakup Standar Kompetensi Lulusan (SKL). CPL terdiri dari sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Berdasarkan CPL tersebut penyusunan kurikulum program studi ini dikembangkan.
Dokumen Kurikulum PBA Tahun 2020 :